Rabu, 08 April 2009

HMI-MPO Cabang Purwokerto Gelar Diskusi & Sosialisasi Pemilu 2009 Bagi Pemilih Pemula

LAPMI HMI-MPO PURWOKERTO @ 09.18

Purwokerto - HMI - MPO Cabang Purwokerto menggelar Diskusi & Sosialisasi Pemilu 2009 bagi para pemilih pemula yakni siswa/siswi SMA/STM/SMK/SMEA se Purwokerto Selasa (31/3) kemarin. Acara diselenggarakan di pendopo Kelurahan Sokanegara, Kecamatan Purwokerto Timur. Puluhan siswa SMA/STM/SMK/SMEA Se-Purwokerto antusias mengikuti kegiatan tersebut. Tercatat sebanyak 35 SMA/STM/SMK/SMEA diundang untuk mengikuti acara tersebut baik negeri maupun swasta. Tak lupa organisasi gerakan mahasiswa lain pun turut diundang. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan ini adalah Anggota KPU Kab.Banyumas Bpk.Unggul Warsiadi SH dan Komisi Politik PB HMI Heri Setiawan.

Disampaikan Imam Budilaksono ( Ketua Panitia Sosialisasi & Diskusi Pemilu 2009) dalam sambutannya bahwa “Sosialiasi dan Dialog Pemilu 2009 yang diselenggarakan HMI-MPO Cabang Purwokerto dengan sasaran para pemilih pemula (seluruh SMA/STM/SMK/SMEA Se-Purwokerto) ini bertujuan guna menempatkan para pemilih pemula pada kerangka pendidikan politik yang lebih mencerdaskan dalam pemilu 2009 ini. Yakni meletakkan pelajar sebagai subjek pendidikan politik itu sendiri, tidak melulu sebagai objek politik”. “Selama ini, secara umum, pemuda (pelajar) sebagaimana masyarakat umum selalu menjadi objek politik. Mereka hanya dilirik untuk hitungan suara saja, tidak lebih. Hal ini tentu mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pendidikan politik itu sendiri selama ini, yakni pencerdasan politik” tandas Imam.

“Sosialisasi dan Diskusi Pemilu 2009 dengan segmentasi para pemilih pemula ini dilakukan mengingat posisi pemilih pemula yang sangat rentan terhadap upaya politisasi yang dilakukan oleh kekuatan politik tertentu untuk mendongkrak perolehan suara partai politik tertentu. Pendidikan politik ini diarahkan pada pembentukan kesadaran para siswa yang merupakan pemilih pemula untuk menjadi pemilih yang kritis pada pemilu 2009 dan pada pemilu-pemilu selanjutnya. Mendidik mereka agar tidak apatis terhadap perosalan-persoalan politik bangsa serta dinamika perubahan sosial”. Paparnya.

Tema yang diangkat sama dengan tema pemilu 2009 yang diusung PB HMI-MPO yakni “Pemilu Bersih Untuk Perubahan”. Sesuai dengan kesepakatan pada rapat pleno III januari lalu bahwa isu ini diangkat dan menjadi penting karena menjadi tawaran strategis bagi HMI-MPO untuk merespon dan menyikapi momentum Pemilu 2009 serta untuk memperkuat kualitas pemilu 2009, sehingga pemilu mampu memberi harapan bagi terciptanya demokratisasi yang berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat. Menurut HMI-MPO Cabang Purwokerto penyelenggaraan pemilu yang menelan biaya ratusan miliar rupiah dari uang rakyat yang terhimpun dalam APBN sudah semestinya didedikasikan untuk menyejahterakan rakyat.

Dalam paparannya baik Heri Setiawan (HMI-MPO) ataupun Unggul Warsito (KPU) mengharap lewat proses pemilu akan terjadi perubahan yang signifikan bagi bangsa ini. Heri mengatakan bahwa “Pemilu bersih harus dilaksanakan demi terciptanya perubahan bagi rakyat,”. Karakter “Perubahan” dalam pemilu 2009 ini adalah harga mati bagi HMI-MPO dimana sebagai respon dan ekspresi kritis HMI-MPO atas kelambanan, pengkhianatan, kebusukan perilaku penguasa yang gagal mengatasi krisis kesejahteraan dan seluruh tuntutan reformasi total selama sebelas tahun kejatuhan kediktatoran Orde Baru”. “Kita jangan tertipu dengan apa yang dijanjikan para caleg, teliti dengan cerdas dan buat kontrak politik dengan mereka” Tambah Heri. Sedangkan KPU mengatakan siap mengawal proses pemilu ini agar terhindar dari kecurangan atau politik kotor.
Lewat Sosialisasi dan Dialog Pemilu 2009 ini HMI-MPO berharap semoga bangsa ini akan menuai generasi penerus yang memiliki kesadaran berpolitik  tanpa meninggalkan hati nurani sebagai manusia. Sosialisasi dan Dialog Pemilu 2009 ini merupakan hasil kerjasama HMI-MPO Cabang Purwokerto dengan KPU Kabupaten Banyumas.

Citra Banch Saldy (greenpeanutz@gmail.com)
Ketua LAPMI Cabang Purwokerto.

No Response to "HMI-MPO Cabang Purwokerto Gelar Diskusi & Sosialisasi Pemilu 2009 Bagi Pemilih Pemula"

HMI KU UNTUK
INDONESIA BARU