Jumat, 28 Mei 2010

Unjuk Rasa Warnai Harkitnas di Purwokerto

LAPMI HMI-MPO PURWOKERTO @ 23.38

PURWOKERTO--: Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) di Banyumas, Jawa Tengah, diwarnai demonstrasi oleh dua kelompok massa, kamis (20/5).

Kelompok pertama adalah mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Banyumas Bersatu (Alat Bambu) dan kelompok dari Front Persatuan Pembebasan Nasional (FPPN) Purwokerto. Mereka menggelar unjuk rasa pada waktu berbeda.

Alat Bambu yang terdiri dari sejumlah elemen mahasiswa seperti HMI, HMI MPO, PMII, PMKRI, FMN, KAMMI dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Purwokerto berunjuk rasa di sejumlah titik, di antaranya adalah Perempatan Palma Jalan Jenderal Soedirman, RRI Purwokerto dan Alun-Alun Purwokerto.

Dalam aksinya tersebut metreka juga membawa berbagai macam poster berisi kritikan terhadap pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono yang dinilai sebagai sebagai agen neoliberalisme.

"Pemerintah harus segera merealisasikan anggaran pendidikan 20 persen di luar gaji guru. Kami juga minta pemerintah turun tangan untuk menghentikan liberalisasi pendidikan. Banyak warga miskin yang tidak sekolah gara-gara biaya yang begitu melambung," kata Koordinator aksi Harry saat berorasi di Alun-Alun Purwokerto.

Para mahasiswa itu juga menggelar aksi teatrikal, dengan menyeret orang menggunakan tali oleh seseorang yang memakai dasi untuk menggambarkan penindasan terhadap masyarakat miskin.

Usai aksi itu, sejumlah aktivis yang tergabung dalam FPPN juga mendatangi Alun-Alun Purwokerto. Mereka menyerukan supaya masyarakat bersatu dalam semangat gotong-royong dalam ekonomi dan politik dan menyatakan Pancasila sebagai alat perjuangan antineoliberalisme.[BMW]

No Response to "Unjuk Rasa Warnai Harkitnas di Purwokerto"

HMI KU UNTUK
INDONESIA BARU