Minggu, 28 November 2010

Basic Training dan Harapan Keumatan

LAPMI HMI-MPO PURWOKERTO @ 06.16

Purwokerto-LAPMI. Bertempat di balai benih ikan Desa Singasari, Kecamatan Karanglewas, HMI MPO Cabang Purwokerto kembali mengadakan latihan kader I (LK I). Pada LK I kesempatan kali ini tema yang diangkat adalah “Implementasi nilai-nilai keislaman untuk mewujudkan kepedulian sosial”. Munculnya tema tersebut berawal dari keprihatinan HMI melihat beberapa rangkaian musibah bencana yang melanda tanah air dan keprihatinan HMI melihat kondisi nilai-nilai keislaman di Indonesia yang semakin luntur tergerus oleh hedonisme dan budaya pop.

Sebanyak 16 orang, kader baru HMI yang berhasil dilantik pada LK I yang diadakan pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 27-28 Nopember 2010 ini. Menurut Erwhin selaku ketua cabang, “LK I kali ini memang sengaja dikemas berbeda dengan LK I yang sebelum-sebelumnya. Pelaksanaan LK I selama 2 hari ini sengaja disesuaikan dengan kondisi zaman atau khususnya kondisi mahasiswa saat ini”. 16 orang kader tersebut terdiri dari 13 kader ikhwan dan 3 kader akhwat, yang masing-masing berasal dari jurusan berbeda. Kader ikhwan diantaranya adalah: 3 mahasiswa jurusan pertanian, 1 mahasiswa peternakan, 8 mahasiswa ilmu politik dan 1 mahasiswa jurusan D3 Sastra Inggris. Kader akhwat diantaranya adalah : 1 mahasiswi jurusan ilmu komunikasi, 1 mahasiswi jurusan ilmu politik dan 1 mahasiswi jurusan Bisnis Internasional.

Basic Training/LK I kali ini semua peserta berasal dari satu Universitas negeri yang ada di Purwokerto yaitu Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED). Dengan dipandu oleh Achmad Saptono dan Imam Susrohbiyanto, forum LK I HMI Cabang Purwokerto di kemas dalam format diskusi santai namun interaktif. Ditambah lagi di hari kedua, penguatan materi “Keyakinan Muslim” materi “Kepemimpinan” dan “teknik orasi” dikemas oleh panitia dengan metode Outbond dan game-game menarik di alam bebas. Pasalnya menurut Syahid ketua panita pelaksana LK I HMI MPO Cabang Purwokerto, “LK I kali ini adalah awalan bagi HMI MPO Cabang Purwokerto untuk kembali bangkit berjuang demi kemaslahatan umat, khususnya demi membela proletar-proletar yang semakin terpinggirkan oleh neoliberalisme”. Bambang Wibiono sang sekertaris umum HMI MPO Cabang Purwokerto menambahkan, “dalam waktu dekat kami juga akan kembali mengadakan LK I dan segera mengirimkan kader-kader pasca LK I HMI MPO Cabang Purwokerto untuk mengikuti LK II (Intermediate Training).

Di akhir acara, setelah sesi pelantikan kader baru oleh Korps Pengader Cabang (KPC) kemudian dilanjutkan dengan sesi penutupan acara LK I tepat pada pukul 17.07 WIB. Jaya mahasiswa jurusan Ilmu Politik, salah satu peserta LK I yang sekaligus menjadi pemberi sambutan perwakilan dari peserta, dengan gaya pidato kenegaraannya menyampaikan kesan dan pesannya, “Senang sekali rasanya di LK I HMI ini saya menemukan keluarga baru, saya harap ke depan HMI MPO Cabang Purwokerto mampu menjadi harapan bagi masyarakat Indonesia dan semoga HMI MPO Cabang Purwokerto akan selalu jaya”. (Tino)

No Response to "Basic Training dan Harapan Keumatan"

HMI KU UNTUK
INDONESIA BARU